Ticker

6/recent/ticker-posts

Penyebab Rambut Kering dan Cara Mengatasinya


Rambut kering merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh sebagian orang. Biasanya masalah rambut kering ini juga disertai dengan masalah lainnya seperti rambut kusam dan bercabang. Penyebab dari rambut kering ini juga cukup beragam. Beberapa diantara penyebab rambut kering antara lain adalah sebagai berikut :
1. Terkena paparan matahari terlalu lama
Terkena panasnya matahari yang cukup lama merupakan salah satu penyebab rambut kering di Indonesia. Seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara dengan iklim tropis sehingga matahari hampir selalu bersinar sepanjang tahun dengan panas yang terkadang cukup ekstrem. Tak mengherankan jika kemudian banyak orang yang rambutnya menjadi kering karena panas matahari tersebut.

2. Kesalahan Dalam Perawatan Rambut
Hal lain yang sering menyebabkan rambut kering adalah karena kesalahan kita dalam merawat rambut. Beberapa kesalahan tersebut misalnya menggunakan shampoo secara sembarangan. Padahal belum tentu shampo tersebut cocok dengan tipe rambut kita. Kesalahan lain dalam perawatan rambut yang menyebabkan rambut kering adalah penggunaan hair dryer maupun catokan rambut dalam waktu yang terlau lama.

3. Terkena Paparan Chlorine
Terkadang orang orang yang sering berenang di kolam renang mengalami masalah rambut kering. Hal ini bisa terjadi karena pada air kolam renang tersebut mengandung zat klorin. 

4. Kekurangan Asupan Air
Seperti yang kita ketahui salah satu fungsi air untuk tubuh adalah untuk menghidrasi bagian bagian tubuh termasuk juga rambut. Jadi ketika tubuh kita kekurangan air menjadi tida mengherankan jika kemudian rambut kitapun juga menjadi kering.

5. Kekurangan Nutrisi
Beberapa nutrisi berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut. Jadi jika kita kekurangan nutrisi jenis tersebut bisa saja rambut kita menjadi tidak sehat yang salah satu tandanya adalah rambut kering.

Cara Mengatasi Rambut Kering
Rambut yang kering tentunya akan membuat kita merasa kurang nyaman. Karena itu berbagai upaya bisa kita lakukan untuk mengatasi rambut kering tersebut. Beberapa cara mengatasi rambut kering tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Keramas Secara Teratur
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut keringa dalah keramas secara teratur. Tentunya saat keramas ini kita menggunakan Shampo untuk rambut kering yang sesuai. Dan jika dirasa perlu kita juga bisa menggunakan conditioner yang berfungsi untuk melembabkan rambut.

2. Cukup Kebutuhan Tubuh Akan Air Dan Nutrisi
Seperti yang kita ketahui manusia membutuhkan air minima 2 liter tiap hari. Karena itu usahakanlah agar kita bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan banyak minum air putih. Selain air penuhi juga kebutuhan tubuh dengan nutrisi nutrisi yang dibutuhkan.

3. Hindari Paparan Matahari Langsung dalam Waktu Lama
Untuk melakukannya kita bisa menggunakan penutup kepala seperti topi maupun lainnya yang bisa mencegah rambut kita terkena sinar matahari langsung. Tapi meski sudah menggunakan penutuo kepala kalau bisa kurangi waktu kita berada di bawah sinar matahari terutama saat siang hari ketika matahari sedang terik teriknya.

4. Hindari Berenagn Di Kolam yang Airnya Mengandung Klorin

Post a Comment

0 Comments